Ads Top

Pot Tanaman dari Botol Plastik Bekas

 Pot Tanaman dari Botol Bekas
Semakin banyaknya sampah plastik yang menumpuk dapat merusak pemandangan dan juga lingkungan hidup disekitar kita, mulai dari kantong plastik, kemasan produk, sampai botol – botol air mineral. Sampah plastik dapat merusak lingkungan karena sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh mikrobiologis yang ada pada lingkungan. Bila hal ini terus dibiarkan, dapat membahayakan kelangsungan hidup lingkungan dan juga kelangsungan hidup makhluk hidup, termasuk manusia.
Salah satu cara untuk mengatasi masalah plastik ini ialah dengan mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang lain, yang dapat digunakan kembali dan bermanfaat.
Nah, kali ini ide plus akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mendaur ulang salah satu sampah plastik, yaitu botol minuman. Bagaimana kita bisa mengubah sampah botol plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat? Simak tutorial berikut! :)

Yang kamu butuhkan
  • Botol plastik bekas minuman, dengan ukuran apa saja. Akan lebih baik yang berukuran besar agar dapat membuat banyak tanah.
  • Pisau atau gunting
  • Pin mading atau jarum
  • Tanah
  • Tanaman apa saja yang kamu sukai dan bisa tumbuh di dalam pot ini.
  • Kawat (optional)
Potong Botol
Ambil botol kemudian potong pada bagian tengahnya, dengan bagian bawah yang lebih besar dari pada bagian atas (yang akan kita jadikan sebagai pot tanaman).
 

Lubangi Tutup Botol
Gunakan pin mading atau jarum untuk melubangi tutup botol. Tutup botol dilubangi agar tanah pada pot tidak kelebihan atau terendam air ketika kita menyiram tanamannya.

Masukkan Tanah
Setelah tutup botol kita lubangi, putar balik tutup botol bagian atas ini (tutup botol mengarah ke bawah) dan masukan ke dalam botol bagian bawah yang sudah kita potong tadi, untuk menampung air yang berlebih ketika kita menyiram tanaman nantinya. Setelah itu, isi botol dengan tanah agar kita bisa memulai menanam tanaman di pot kita yang baru ini :)

Gantung potmu
Kita juga bisa menggantung pot tanaman yang kita buat ini untuk menghiasi dinding. Buat lubang kecil pada bagian samping atas botol dengan pin mading atau jarum, kemudian ikatkan dengan kawat. Nah, sekarang kita bisa menggantung pot kita untuk menanam tanaman yang merambat.

Pot Tanaman dari Botol Bekas

Mudah bukan? Selamat mencoba! :)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.