Ads Top

Rak Gantung untuk Toples Bumbu Dapur

Rak Gantung untuk Toples

Halo sobat ideplus, jika kamu memiliki masalah dengan terbatasnya ruang dapur untuk meletakan semua peralatan dapur ataupun menyimpan bumbu dapur. Kali ini ideplus akan memberikan ide bagaimana cara mengatasi sulitnya menyimpan bumbu–bumbu dapur di ruang yang terbatas. Dengan terbatasnya ruang, kita harus memanfaatkan setiap sudut ruang kosong yang ada, termasuk bagian bawah meja atau lemari. Nah, jika dapur kamu menggunakan lemari gantung, kamu memiliki ruang kosong pada bagian bawahnya yang bisa kita gunakan sebagai rak untuk menyimpan bumbu dapur. Bagaimana caranya? Mari kita lihat! :)

Yang kamu butuhkan
Untuk dapat membuat rak yang bisa kita gantungkan pada bagian bawah lemari gantung, kita akan membutuhkan beberapa hal, antara lain sebagai berikut:
  • Nampan besi, tidak harus yang baru. Kamu bisa juga menggunakan nampan besi bekas yang sudah tak terpakai lagi
  • Lem besi
  • 4 sekrup
  • Toples bumbu dengan tutup logam
  • Magnet yang super kuat
  • Obeng
Bersihkan toples
Cuci toples yang akan kita gunakan hingga bersih. Kemudian keringkan terlebih dahulu sebelum kita menggunakan toples ini.

Pasang magnet

Kita akan memasang biji magnet pada bagian atas tutup toples yang sudah kita cuci bersih tadi. Untuk dapat memasang biji magnet pada tutup toples, kita membutuhkan lem besi untuk membuatnya benar – benar terpasang dengan kuat.

Pasang dua magnet pada semua tutup toples yang ingin digunakan kemudian rekatkan dengan lem. Tunggu hingga lem benar benar kering. Sambil menunggu lem mengering, kita bisa lanjutkan ke step berikutnya.

Lubangi nampan
Jika kamu menggunakan nampan besi bekas, pastikan kamu sudah mencucinya terlebih dahulu dan mengeringkannya. Jika nampan yang kamu gunakan baru, kamu bisa langsung melubangi tiap sudur nampan dengan bor listrik (lihat gambar)

Pasang nampan di bawah lemari
Setelah nampan kita lubangi, kita bisa memasangkannya pada bagian bawah lemari dengan menggunakan bantuan sekrup untuk menahannya. Pasang 4 sekrup pada keempat lubang yang sudah kita buat pada nampan tadi. Pastikan sekrup benar – benar kuat dan nampan tidak jatuh.


Isi toples
Setelah lem pada tutup toples dan magnet tadi merekat dengan erat, kamu bisa mulai mengisi toples dengan bumbu – bumbu dapur yang sering kamu gunakan.

Letakkan toplesmu di rak gantung
Setelah semua toples terisi, tutuplah toples (dengan tutup yang sudah ditempeli biji magnet), pastikan tertutup dengan erat agar tidak jatuh. Kemudian kamu bisa menempelkan toples magnet tersebut pada nampan besi dan membiarkannya bergantung di bawah lemari gantungmu.

Dengan begini kamu bisa membuat dapurmu menjadi lebih rapi, praktis dan tentu saja menghemat ruang dapurmu yang sempit, tertarik untuk mencobanya? :)
Rak Toples Lama
Sebelum
Rak Gantung untuk Toples
Sesudah

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.