Ads Top

Rak Gantung dari Roda Sepeda

Rak Gantung dari Roda Sepeda
Jika kamu memiliki ruang yang sempit dan dapur yang kecil, memasukkan semua barang ke dalam lemari dapur adalah sebuah tantangan. Sebuah rak gantung dapat menghemat ruang dan membuat kamu tetap dapat menyimpan banyak barang lainnya. Tetapi rak gantung ini kebanyakan dijual dengan harga yang mahal. Tapi kita bisa membuat sendiri rak gantung dengan harga yang jauh lebih murah dari rak gantung yang dijual. Dengan menggunakan beberapa peralatan dan sebuah roda sepeda bekas, kita dapat membuat rak gantung untuk menghemat penggunaan ruang dapur.
Bagaimana cara membuatnya? Kita simak yuk!


Step 1: Yang kamu butuhkan
Untuk membuat rak gantung ini bisa kita gantungkan di langit – langit rumah, kita membutuhkan beberapa material, yaitu:
  • 1 Roda sepeda, bersihkan terlebih dahulu, lepaskan bannya.
  • 1 Mur panjang, sekitar 7 inchi
  • 2 Baut 3/8 inchi
  • 1 Baut Panjang 3/8 inchi
  • 1 Mur 3/8 inchi dengan setengah grid untuk logam dan setengah grid untuk kayu (jika langit langit rumah kamu terbuat dari kayu)
  • 2 Ring mur 3/8 inchi
  • 5 Pengait dengan bentuk S
Dan beberapa peralatan yang kamu butuhkan, antara lain:
  • Bor listrik
  • Kunci Inggris
  • Tangga

Step 2: Menyiapkan roda
Jika kamu masih memiliki roda dengan poros as dan ban, pertama – tama kamu harus melepaskannya terlebih dahulu. Jika roda yang kamu punya sudah dalam bentuk velg-nya saja, kamu bisa langsung melanjutkan ke step 3.
   
Untuk melepaskan poros as roda, lepaskan baut pada masing – masing sisinya dengan menggunakan kunci inggris. Buat semua roda pada lahar dan semua bagian yang mungkin saja bisa jatuh ketika digantung. Kemudian bersihkan roda, cuci, dan keringkan.

Step 3: Membuat lubang pada langit - langit
Buatlah lubang pada langit – langit dimana rak ini akan digantung. Untuk membuat lubang, kita bisa menggunakan bor. Lubangi langit – langit secara perlahan dan hati – hati, pastikan kamu mengebornya dengan arah yang lurus, agar rak yang kita gantung nanti tidak miring.

Step 4: Memasang mur
Pasang baut pada kecil 3/8 inchi dan baut panjang 3/8 inchi pada Mur 3/8 inchi dengan setengah grid untuk logam dan setengah grid untuk kayu. Grid untuk logam kita pasangkan baut, dan grid untuk kayu akan kita masukan ke langit – langit. Pastikan kedua baut yang kita pasang ini benar – benar kencang.
 

Step 5: Pasang mur ke langit – langit
Setelah kita pastikan baut dan mur tadi terpasang dengan kencang, sekarang kita bisa memasangnya pada langit – langit dengan lubang yang sudah kita buat tadi. Masukan mur ini hingga semua bagian grid kayunya benar – benar terbenam pada langit – langit.

Step 6: Masukan mur panjang ke dalam poros as roda
Sekarang waktunya mengerjakan bagian roda, masukan mur panjang (sekitar 7 inchi) dari bawah ke atas pada poros as roda, karena kita akan menggantungkan bagian atasnya. Dan pastikan roda masih dapat berputar dengan bebas. Pasangkan dua ring pada bagian atas poros as roda, agar baut yang di atasnya tidak ikut berputar ketika roda berputar sehingga baut tidak lepas.

Step 7: Pasang baut kecil pada mur panjang
Kemudian pasangkan baut kecil 3/8inchi pada mur panjang di poros as roda ini. Masukan baut ini hanya sampai ¼ bagian dari grid mur panjang. Ini akan berfungsi untuk mengencangkan mur panjang ketika roda digantung agar tidak lepas.

Step 8: Kencangkan roda ke langit – langit
Kencangkan roda sepeda dengan memutar mur panjang pada poros as sepeda baut panjang yang sudah kita pasang di langit – langit tadi. Mungkin baut panjang dan kedua baut kecil pada bagian atas dan bawah perlu diturunkan sedikit hingga posisinya pas dengan mur panjang.

Step 9: Kencangkan lagi bautnya
Setelah mur panjang masuk semua ke dalam baut panjang pada langit – langit, kita harus mengencangkan lagi kedua baut kecil pada bagian atas dan bawah (lihat gambar). Pastikan roda yang tergantung di langit – langit sudah terpasang dengan kencang dan roda dapat berputar dengan bebas.
 

Step 10: Periksa roda
Sebelum kita menggantungkan peralatan memasak pada roda ini, kita sebaiknya memeriksa roda tersebut, apakah sudah benar – benar kuat tertancap di langit – langit? Tidak miring. Apabila roda yang tergantung miring, hal ini karena kita miring ketika mengebor lubang pada langit – langit ini. Memang sulit untuk menyadarinya sampai roda ini sudah menggantung di langit – langit.
Jika roda sudah terpasang dengan benar dan kuat. Kita bisa lanjut ke step berikutnya.
Jika roda masih miring atau terpasang kurang kencang, ulangi lagi step 3 membuat lubang baru, dan step 8 dan 9. Lakukan dengan hati – hati.
Periksa, jangan sampai roda terpasang miring

Step 11: Gantung kan pengait S
Setelah roda sudah benar terpasang dengan kuat, kita dapat menggantungkan pengait S untuk menggantungkan peralatan dapur kita.

Step 12: Gantungkan peralatan dapurmu
Setelah semua pengait S sudah tergantung pada roda, kita sudah dapat memulai untuk menggantungkan peralatan dapur, seperti pan penggorengan, wajan, atau pun panci.
Rak Gantung dari Roda Sepeda

Selain ramah di dompetmu, rak dari roda sepeda ini juga ramah lingkungan, karena kita menggunakan roda bekas yang sudah tak terpakai lagi. Tertarik untuk mencobanya? :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.