Ads Top

Cara Membuat Labirin

Menggambar Labirin
"Alam adalah labirin. Bila (dalam hidup) kamu terlalu tergesa mencari jalan malah akan tersesat". Begitulah kata seorang Filsuf Inggris, Francis Bacon, Sr. (1561-1626) yang menunjukkan kalau labirin (yang dalam bahasa Inggris disebut: labyrinths atau mazes) merupakan teka-teki paling menakjubkan, sekaligus menantang untuk bisa dipecahkan.

Labirin adalah sistem jalur yang rumit, berliku – liku, memilik banyak simpang dan juga memilik banyak jalaln buntu yang menjebak. Jika kita salah dalam memilih jalan mana yang akan kita lalui maka kita akan tersesat. Dalam mitos Yunani, labirin diciptakan oleh Daedalus (dewa kerajinan) untuk memenjarakan Minotaur.

Sekarang labirin biasanya dibuat oleh tanaman pagar yang tumbuh tinggi sehingga kita sulit melihat sekeliling kita. Kita juga bisa membuat labirin dengan versi kita sendiri. Kita dapat merancangnya sesuai dengan ide kita dan membuat orang tersesat hehe. Berikut ini sedikit tutorial bagaimana cara membuat, merancang sebuah labirin.

Yang kamu butuhkan
  • Kertas Graphic (Kertas dengan garis kotak - kotak)
  • Spidol
  • Penggaris (Optional, agar labirin yang kita buat lebih rapi)

Start!
Gambarkan garis pinggir pada kertas untuk batas labirin yang akan kitaa buat. Jangan lupa untuk menentukan dimana letak jalan masuk dan dimana letak jalan keluar. Biasanya labirin memilik jalan masuk pada satu sisi, dan jalan keluar pada sisi yang satunya lagi (sisi yang berlawanan).


Lanjutkan...
Sekarang, lanjutkan lah menggambar garis acak. Ketika membuat banyak percabangan dari garis garis acak ini, pastikan satu jalan diantaranya adalah jalan menuju ke pintu keluar. Triknya adalah semakin banyak percabangan, maka labirin akan semakin sulit.

Teknik Labirin: Spiral
Salah satu jebakan yang dapat kamu buat adalah spiral, dan ini sangat mudah untuk dibuat. Meskipun jebakan spiral ini mudah dihindari, namun ini sangat menghibur ketika seseorang pertama kali terjebak pada jalur ini. Jadi untuk membuat spiral, kita dapat mulai dengan membuat persegi, kemudian membuat dua garis seperti itu lagi, dan dua garis lagi. Ini tergantung dari besarnya ukuran spiral yang ingin kita buat.


Teknik Labirin 2: Garis Zig-zag
Garis zig-zag ini terlihaat seperti gambar susunan anak tangga. Mulai lah membuat garis zig-zag, kemudian buaat garis zig-zag yang lain secara sejajar.


Buatlah banyak percabangan
Lanjutkan membuat banyak garis percabangan hingga kertas labirin kita penuh. Trik labirin adalah semakin banyak percabangan maka semakin sulit labirin itu.



Selesai
Dan.. inilah dia labirin versi yang kita buat.

Menggambar Labirin

Masih banyak trik lain lagi untuk membuat labirin, mungkin akan kita bahas lain kali. Kamu bisa mengembangkan labirin ini sesuai dengan ide dan kreatifitasmu. Berkreasilah! Selamat Mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.