Ads Top

Penyanggah Papan Tulis dari Pipa PVC

Penyanggah papan tulis dari pipa PVC


Pipa PVC sering digunakan untuk membuat sanitasi air di rumah – rumah. Jika anda membangun rumah baru, maka anda akan menggunakan benda ini untuk membuat sanitasi di rumah anda. Ketika rumah baru anda telah selesai, dan masih ada beberapa pipa PVC yang tersisa, sebaiknya anda jangan langsung membuangnya ke tempat sampah. Karena pipa ini masih bisa kita gunakan untuk sesuatu yang lain. Seperti sandaran Papan Tulis ini misalnya.

Yang Anda butuhkan
Untuk membuat sandaran dari pipa PVC ini anda akan membutuhkan beberapa Pipa PVC dan peralatan untuk dapat membuatnya.
Material:
  • 2 PVC ukuran 1/2inch sambungan elbow 90°
  • 6 PVC ukuran 1/2inch sambungan T
  • 2 PVC ukuran 1/2inch pipa lurus panjang 1 1/2inch
  • 2 PVC ukuran 1/2inch pipa lurus panjang 4inch
  • 5 PVC ukuran 1/2inch pipa lurus panjang 9 3/4 inch
  • 1 batang aluminium sudut (biasa digunakan untuk membuat rak sudut) : panjang 11inch dan lebar 1 1/2inch

Peralatan:
  • Gergaji pipa
  • Meteran
  • Selotip pipa
Merakit Frame
Sebelum kita memulai membuat frame (bingkai), kita terlebih dahulu memotong pipa PVC sesuai dengan ukuran yang disebutkan pada step sebelumnya, atau sesuaikan ukuran anda sendiri sesuai dengan kebutuhan, yang ingin anda gunakan.

Setelah kita memotong pipa PVC sesuai dengan ukuran, kemudian susun pipa PVC seperti pada gambar
Untuk menyambungkan pipa PVC tersebut menjadi sebuah frame, kita dapat menggunakan lem PVC untuk merekatkan setip sambungan pipa dengan kuat.

Menggabungkan Frame
Untuk membuat penyanggah papan tulis dengan pipa PVC ini, kita membutuhkan dua frame pipa PVC. Satu frame dengan bentuk persegi diletakkan pada bagian luar. Dan frame kedua diletakkan pada bagian dalam dari frame pertama dengan bentuk persegi panjang dan ukuran yang lebih kecil dari frame 1.


Memasang Alas Papan
Untuk membuat alas papannya, kita bisa menggunakan sebuag batang aluminium sudut. Potong batang aluminium sesuai dengan panjang frame yang telah kita satukan tadi.

Kemudian lubangi sisi frame agar bisa menempelkan batang aluminium sudut ke frame dengan menggunakan sekrup.
Tempelkan batang aluminium sudut pada frame dan tahan dengan sekrup, lalu kencangkan sekrup agar alas papan mampu menahan beban papan yang akan disandarkan dan tidak lepas.

Membuatnya tetap tebuka
Agar penyaggah papan ini bisa digunakan, kita harus memastikan agar penyangga ini tetap terbuka dan tidak tergelincir dan jatuh. Untuk membuatnya tetap terbuka kita bisa gunakan kawat, tali, pipa, ikat pinggang atau apapun yang dapat digunakan untuk menahan frame tersebut tetap terbuka.


Tambahkan kaki frame
Penyaggah papan kita sudah hampir selesai, tinggal menambahkan kaki-kaki pada frame agar frame lebih kuat dan kokoh menahan papan yang akan kita sandarkan.


Letakan papan anda
Penyanggah papan tulis telah selesai dan siap digunakan. Penyanggah ini bisa digunakan untuk papan tulis atau juga digunakan untuk menahan kanvas lukis.
Penyanggah papan tulis dari pipa PVC

Mudah bukan? Selamat mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.