Ads Top

Perangkap Tikus dari Stik Es Krim

Perangkap Tikus Stik Eskrim
Perangkap tikus adalah alat yang masih sering digunakan untuk menangani hewan pengerat yang sering membuat dapur anda berantakan. Ada berbagai macam perangkat tikus yang tersedia di pasaran, mulai dari yang memiliki fungsi hanya untuk menangkap ataupun memilik fungsi untuk membunuhnya.
Anda juga bisa membuat sendiri perangkap tikus yang bisa digunakan untuk menangkap tikus dirumah Anda. Anda bisa membuat perangkap tikus dari benda yang mungkin sudah tidak Anda gunakan lagi, yaitu stik eskrim. Bila anak anda suka mekan eskrim, anda bisa mengumpulkan stiknya. Tapi anda juga bisa membeli stik eskrim yang baru di toko.
Sekarang kita akan mencoba membuat perangkap tikus menggunakan stik eskrim. Berikut beberapa langkah praktis untuk membuat perangkap tikus dengan menggunakan stik eskrim.

Yang anda butuhkan
  • Stik eskrim
  • 4 Kayu berbentuk kubus (3 diberi lubang, 1 tidak)
  • Sebuah tusuk sate
  • Pengikat kabel
  • Gelang karet
  • Sesuatu untuk memotong stik eskrim
  • Lem
  • Selotip

Membuat Dasar Perangkap
Ambil dua buah stik eskrim, lalu potong kedua stik eskrim tadi menjadi dua bagian yang sama panjang, seperti pada gambar

Kemudian kita buat dasar untuk perangkap tikus seperti pada Gambar 1b. Gunakan lem pada setiap sambungan dengan kuat.

Gambar 1b
Setelah alas dasar perangkap selesai, sekarang kita ke langkah selanjutnya.

Membuat Engsel Perangkap
Ambil tiga buah kayu kubus yang tengahnya sudah dilubangi dengan bor. Dan juga ambil tusuk sate dengan ukuran yang pas dengan lubang pada kubus tadi. Kemudian masukan tusuk sate ke dalam lubang pada ketiga kubus (lihat Gambar 2a).Ingat lubangnya jangan terlalu sempit, buatlah tusuk sate tetap bisa berputar di dalamnya, karena ini akan kita gunakan sebagai lengan yang berayun pada perangkap.

Gambar 2a
Kemudian selotip kedua ujung tusuk sate, agar tusuk sate tidak keluar dari lubang (lihat Gambar 2b).
Gambar 2b
Setelah itu, rekatkan kedua kotak (yang berada di bagian pinggir) ke bagian alas yang telah kita buat tadi seperti pada Gambar 2c.
Gambar 2c
Nah, selesai membuat engsel perangkap, sekarang kita akan membuat lengan perangkap.

Membuat Lengan Perangkap
Ambil dua buah stik eskrim dan satu kubus kayu yang tidak dilubangi. Kemdian letakakkan ujung satu stik eskrim pada sisi atas dan satu stik lainnya pada sisi bawah kubus (lihat Gambar 3a)
Gambar 3a

Tunggu beberapa saat hingga lem kering. Setelah lem kering, kemudian rekatkan kedua ujung stik yang masih terbuka ke kubus yang berada di tengah pada engsel perangkap. Pastikan lem benar benar mengeras (lihat Gambar 3b)


Pasang Karet Gelang


Setelah kita selesai membuat lengan perangkap, sekarang kita akan memasang karet gelang yang berfungsi sebagai per untuk menggerakkan lengan. Ambil karet gelang karet gelang, lalu letakkan pada salah satu ujung bagian dasar perangkap
Setelah gelang karet selesai terpasang, sekarang kita akan memasangkan gelang karet tersebut pada lengan agar lengan dapat bergerak.
Pastikan karet gelang cukup elastis untuk menarik lengan perangkap, agar bisa berfungsi baik dan tidak putus saat ditarik.


Membuat Trigger
Setiap perangkap membutuhkan suatu alat sebagai pemicu (trigger) untuk bekerja. Setelah kita berhasil memasang karet gelang, dan memastikan agar lengan "menjepret" dengan baik. Perangkap ini juga membutuhkan trigger untuk dapat bekerja.


Ambil sebatang sumpit, kemudian sumpit agak sedikit dipatahkan pada 1/3 bagian dari sumpit (lihat gambar.....), dan jangan sampai sumpit putus.


Setelah itu, rekatkan selotip pada patahan sumpit tadi agar tidak putus pada saat digunakan. Potonglah ujung sumpit jika terlalu panjang, karena kita memerlukannya hanya sebatas alas dasar perangkap.



Untuk memasang trigger ini pada perangkap, kita harus menggunakan pengikat kabel untuk menahannya agar tetap dalam posisinya.





Ambil pengikat kabel, kemudian ikatkan pada bagian samping perangkap, dan pastikan tidak mengikatnya terlalu kencang. Kemudian potong sisa pengikat kabel yang berlebih. Masukan sumpit yang akan kita jadikan sebagai trigger.



Nah, perangkap tikus dari stik eskrim sudah siap untuk kita gunakan :)




Cara Menggunakan
Perangkap Tikus Stik EskrimTarik lengan perangkap ke belakang, kemudian selipakan ujung sumpit (trigger) diantara dua stik lengan. Bila trigger tertarik, maka ujung trigger akan melepaskan lengan. Dan dengan cepat lengan akan "menjepret".
Live Demo!




Demikianlah tutorial untuk membuat perangkap tikus sederhana menggunakan stik eskrim. Mudah bukan? :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.