Ads Top

Kalung Liontin Buku

Kalung Liontin Buku
Kalung buku kecil ini merupakan suatu kombinasi antara liontin dan diary. Ini dapat berfungsi sebagai kalung dan juga berfungsi sebagai diary atau kamu bisa menuliskan hal – hal yang tidak ingin kamu lupakan. Bagaimana cara membuatnya? Kita simak yuk :)

Yang Kamu Butuhkan
  • Kertas
  • Kertas bermotif
  • Jarum atau alat apapun yang bisa digunakan untuk menusuk kertas
  • Kulit sintetis
  • Pengait ikat pinggan kecil, bisa kamu dapatkan di toko atau dari tas - tas bekas yang sudah tak terpakai
  • Gunting
  • Pisau Exacto
  • Benang dan Jarum
  • Lem
Potong Kertas
Pertama kita akan membuat bagian bukunya. Ambil kertas kemudian potong – potong dengan panjang 8 cm dan lebar 4 cm. Ini akan kita jadikan sebagai halaman buku, jadi ketika ketas ini kita lipat dua, ukurannya bukunya akan menjadi 4x4cm. Kamu bisa menyesuaikan ukuran dan juga tebal halamannya sesuai keinginan kamu, berkreasilah.


Setelah potongan kertas kita lipat dua, lubangi bagian tengah kertas dengan penusuk. Lubangi bagian kertas mengikuti garis tengah lipatan kertas. Buat sebanyak 4 lubang.

Menjilid
Kita akan menjilid kertas – kertas tadi menjadi sebuah buku kecil, dengan cara menjahitnya. Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara menjahitnya, kamu bisa perhatikan gambar berikut.


  

Jilid lagi
Jika kamu ingin membuat buku yang lebih tebal, kamu harus menjilid buku yang tadi sudah jadi dengan buku lain yang sudah kamu buat. Untuk mengetahui bagaimana cara mengabungkan jilidnya, kamu bisa perhatikan gambar berikut.
     

Membuat  Sampul
Kamu bisa membuat sampulnya dari kertas atau pun bahan lain. Disini kita akan menggunakan kulit sintetis untuk digunakan sebagai sampul dari buku ini.


Lubangi bagian tengah atas sampul kulit, agar bisa kita kaitkan pada kalung nantinya.

Penutup buku
Kita akan membuat penutup bukunya berbentuk sabuk dari kulit sintetis. Buat potongan kulit sintetis dengan panjang sekitar 11 cm (ini tergantung dari ukuran buku yang kamu buat). Pasangkan pengaitnya (lihat gambar), kemudian tempelkan pada sampul buku. Selain bentuk sabuk, kamu juga bisa membuat penutup dengan model lain, sepeti model kancing misalnya. Kamu bisa berkreasi disini.


Memasang Sampul
Beri lem yang cukup pada bagian dalam sampul, kemudian tempelkan buku yang sudah kita jilid tadi ke dalam sampul, dan tekan kuat hingga lem menempel kuat.


Menambahkan Sampul Bagian Dalam
Kamu bisa menambahkan sampul bagian dalam buku dengan sebuah kertas dengan gambar motif – motif atau pun lukisan pilihan kamu.


Selesai
Nah, setelah semua langkah selesai, kamu bisa menutup buku tersebut dan mengikatkan pengaitnya. Tadaaa! Jadilah liontin buku kecil yang bisa kamu gunakan sebagai diary atau catatan kecil di kalungmu.
Kalung Liontin Buku
Mudah bukan? Selamat mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.