Ads Top

Tas Tote dari Selotip

Tas Tote Selotip
Tas tote atau biasa disebut tote bag adalah tas besar persegi panjang yang bisa menyimpan banyak barang, sehingga tas jenis ini pada umumnya banyak digunakan untuk berbelanja. Tas tote biasanya terbuat dari bahan kain blancu atau kain kanvas.
Kali ini, kita memiliki ide untuk membuat tas tote ini dengan bahan yang tidak biasa. Kita akan membuat tas tote dari selotip. Bagaimana caranya?

Yang kamu butuhkan
Untuk membuat tas tote dari selotip ini, kamu akan membutuhkan:
  • Selotip, merupakan bahan utama yang akan kita gunakan untuk membuat tas tote ini. Ada berbagai macam jenis selotip yang bisa kita temui di pasaran. Kita akan menggunakan selotip yang besar dan tebal. Selotip yang kita gunakan sebaiknya juga memiliki warna cerah, motif atau gambar – gambar (jangan yang polos atau bening) agar menjadi lebih menarik. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan selotip berwarna ungu, biru (bermotif) dan hijau.
  • Gunting, untuk memotong selotip yang kita ukur
  • Penggaris, untuk mengukur ukuran tas yang akan kita buat.

Step 1
Potong 10 strip selotip berwarna ungu dengan panjang masing – masing 9 inchi

Step 2
Kemudian lipat pada bagian tengah secara horizontal, lakukan hal yang sama pada masing masing strip selotip berwarna ungu tersebut.

Step 3
Potong sebanyak 18 strip selotip berwarna biru (bermotif) dengan panjang masing masing 6 inchi.
Kemudian lipat bagian tengah secara horizontal, sama seperti pada step 2.

Step 4
Potong 2 strip selotip berawarna hijau dengan panjang masing – masing 6.5 inchi.
Letakkan 2 strip selotip berwarna hijau tadi di meja dengan sisi yang digunakan untuk menempel menghadap ke atas. Letakkan secara sejajar dengan jarak sekitar 9 inchi.
Kemudian letakkan secara sejajar 5 strip selotip berwarna ungu diantara 2 strip selotip berwarna hijau tadi.

Step 5
Setelah 5 strip selotip ungu kita letakkan dengan rapi, sekarang saatnya kita untuk membuat motif tenunan pada tas. Kita bisa membuat motif tenunan pada tas tote ini dengan cara menyisipkan strip selotip berwarna biru diantara strip selotip berwarna ungu secara saling silang.

Step 6
Setelah selesai membuat tenunan, sekarang kita lipat kedua strip selotip hijau. Ini berfungsi untuk menahan agar motif tenunan tidak lepas. Perhatikan agar tidak ada udara yang terperangkap di dalamnya. Kemudian ratakan masing masing sisi atas dan bawah yang berlebih. Kemudian balikan, sisi inilah yang akan kita gunakan untuk sisi bagian luarnya.

Step 7
Setelah selesai menutup sisi damping tenunan, sekarang kita akan menutup sisi atas dan bawah tenunan, agar telihat lebih rapi. Dan kita sudah selesai membuat satu sisi untuk tas tote yang akan kita buat.
Step 8
Untuk membuat tas tote ini, kita membutuhkan dua sisi dengan tenunan. Buat satu lagi sisi tenunan lagi, ulangi step 4 samapi 7.

Step 9
Setelah selesai membuat sisi depan dan belakang tas, sekarang kita akan membuat sisi samping kiri dan kanan tas.
Potong 4 strip selotip berwarna hijau masing - masing sepanjang 12.5 inchi. Kemudian lipat pada bagian tengah masing masing strip secara vertikal. Satukan dua strip ini dengan selotip secara memanjang. Lakukan hal yang sama pada 2 strip lainnya.
Step 10
Satukan kedua sisi samping yang sudah kita buat ke sisi depan tas, gunakan selotip yang berwarna hijau. Selotip juga bagian dalam dari sambungan ini, agar sambungan menjadi semakin kuat.

Step 11
Setelah selesai membuat sisi samping tas, sekarang kita membuat sisi bawah tas.
Potong 2 strip selotip hijau dengan panjang masing - masing 18.5 inchi, kemudian lipat kedalam pada bagian tengah secara vertikal. Setelah itu, gabungkan kedua strip ini secara memanjang.

Step 12
Satukan sisi bagian bawah tas ke sisi bagian depan tas yang sudah di pasangi bagian samping tadi. Rekatkan dengann selotip pada bagian luar dan dalam sambungan agar semakin kuat.

Step 13
Setelah sisi depan, samping dan bawah tas menyatu, kita bisa mulai untuk membuat bentuk tas. Rekatkan sisi samping ke sisi bawah. Lakukan hal yang sama pada pinggir satunya lagi. Rekatkan selotip pada bagian luar dan dalam agar semakin kuat.
Step 14

Tas sudah mulai terbentuk, dengan sisi bagian depan, samping dan bawah yang sudah menyatu. Sekarang kita akan menyelesaikan bentuk tas dengan menambahkan sisi bagian belakang tas.
Ambil satu lagi sisi tas yang telah kita buat pada step 8. Rekatkan pada bagian bawah tas dengan selotip, rekatkan pada bagian luar dan dalam. Kemudian berdirikan sisi belakang ini, lalu rekatkan ke kedua sisi samping pada bagian luar dan dalam. Bentuk tas sederhana sudah jadi.

Step 15
Setelah menyempurnakan bentuk tas yang kita buat, kita perlu menambahkan sebuah pegangan.
Untuk membuat pegangan tas, kita bisa memilih menggunakan selotip warna ungu atau hijau. Disini kita menggunakan warna ungu untuk membuat pegangan tas. Potong dua strip selotip ungu dengan panjang masing - masing 14 inchi. Kemudian rekatkan kedua strip tadi dengan kuat pada bagian dalam tas untuk dijadikan pegangan.
Step 16
Nah, jadilah tas tote dengan bahan utama selotip!

Tas Tote Selotip

Mudah bukan? Selamat mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.